Minggu, 28 Desember 2014

Susur Sungai Hitam Samboja ( Melihat Habitat Bekantan)


Sungai Hitam...Liat-liat bekantan yuuuukss..





 Hay....Hay guys...
Dimanapun kalian berada ijinkan saya untuk menyapa kalian smua...yaa
syukur alhamdulillah untuk hari ini, hari yang cerah sekali sebelum saya bercerita tentang Kegiatan saya beberapa minggu yang lalu...tentang susur sungai, huihh saya sangat tidak sabar sekali ingin bercerita...SUSUR SUNGAI HITAM....cekidottttt

Sungai Hitam cukup dikenal oleh masyarakat asing, sebab di tempat ini bisa ditemui kawanan Bekantan (Nasalis larvatus) di habitat aslinya. Bekantan, atau yang sering disebut monyet bule, merupakan “penduduk” asli Sungai Hitam. Sungai Hitam sebenarnya hanyalah salah satu bagian dari aliran yang mengalir ke Sungai Kuala Samboja. Air Sungai Hitam yang berasal dari areal persawahan. Aliran air di hulunya memang tidak sepenuhnya hitam, namun masyarakat lebih senang menyebut Sungai Kuala Samboja sebagai Sungai Hitam.




 Boleh gayaa...tapi harus tetap menjaga keseimbangan yaa coy...hehe



 Nah tuw temen-temen pada sibuk ngambil foto bekantan...


Untuk dapat melihat Bekantan dari dekat, pengunjung dapat menyewa perahu dayung untuk mengitari tepi sungai dan pulau kecil yang menjadi tempat tinggal Bekantan. Waktu terbaik untuk berkunjung adalah pagi hari,atau sore ketika para Bekantan sedang asik mencari makan.
Secara administratif, Sungai Hitam masuk dalam kawasan Samboja, Kabupaten Kutai Kertanegara. Namun lokasinya sendiri lebih dekat ke Kota Balikpapan.


 Jepreeeeeeetttt......duluu, yeeeeee





 awasss tundukk..kita lewat di bawah jembatann tuwww...



  Kita melakukan perjalanan kesana di mulai sekitar jam 4 sore....nah..nah petualangan pun di mulai...
di iringi dengan sensasi kapal kami yang miring ke kanan..dan kiri..membuat jantung saya Dag-Dig Dug Seeerrrrr.....takut olenggg gitu,padahal gak papa sih..aman ,cuma saya nya aja yang agak lebay hahahaha.

Senang sekali kami dapat melihat para habitat bekantan...apa lagi pas dia makan...uhhh  comel deh bekantan itu makan nya buah pemirsahhh....maaf disini saya tidak dapat mengambil satu pun foto bekantan nya karena jauh dari jangkauan kamera. Dan saya..terlarut dalam menikmati suasana saja.

 

Ini lah fhotografer kita...nanasya.sofii...awas jatuhh...yaa hahaha


Menuju ke sana:
Dapat menggunakan angkutan umum jurusan Senipah/Handil, dan turun di Kuala Samboja. Untuk dapat menyusuri sungai, pengunjung dapat menyewa kapal nelayan yang tinggal di tepi sungai.
Nah seu banget kan ayooo buruan kesana menikmati sensasi sungai dan melihat langsung habitat bekantan...assssik gak tuw....
Salam pariwisata.

1 komentar:

  1. mba mar, kalo naik perahunya itu, bayar berapa ya? per orang atau per perahu?

    BalasHapus