Minggu, 28 Desember 2014

BOS (Borneo Orang Utan Survival)

(Borneo Orang Utan )


Hay...hay, para kalian yang chantikk..dan yang cakep...ketemu lagi bersama saya Rindhu...atau panggil Lindhu jugaboleh..hahahaha
nah kali ini saya ingin membahas ekowisata...dan pas banget nii beberapa waktu yang lalu saya dan jurusan melakukan kunjungan ekowisata di kawasan observasi orang hutan atau Borneo Orang Hutan Survival (BOZ ) banyak cerita yang saya ingin ceritakan...dari awal perjalanan ...hingga saat saya melihat orang hutan secara langsung, oke sebelum saya bercerita sedikit info,sejarah  dan penjelasan nya,...?
Awal sejarah berdirinya BOS adalah tahun 1991 yang merupakan proyek rehabilitasi orang utan, beberapa kali bergantian nama hingga akhirnya terbentuklah Yayasan Penyelamat Orang utan Borneo (The Borneo Orang Utan Survival Foundation) atau disingkat BOS.
Bos – Satwa terletak di Jalan Balikpapan – Handil KM 44 Kel. Margomulyo, Kec. Samboja, Kutai Kartanegara denagn alamat Website http://www.orangutan.or.id
Kegiatan utama dari BOS adalah melakukan rehabilitsasi satwa sebelum di lepaskan ke habitat aslinya.
Areal BOS – Samboja adalah seluas kurang lebih 1800 Ha dan menjadi tempat perlindungan satwa liar, terutama bagi Orang utan dan Beruang Madu yang tidak dapat dilepas liarkan ke alam karena penyakit, umur yang sudah tua dan ccat lainnya, nah seperti info yang saya dapat dari mba..dan mas-mas nya disana orang hutan sangat mirip dengan manusia bahkan jenis penyakit nya pun sama, dengan manusia, karna itu pertama kali nya saya mendengar penjelasan secara lengkap dan akurat saya lumayan tekaget-kaget juga nii guys hehehe  baru tau soal nya...hihi





 Terdapat enam pulau buatan yang sengaja diperuntukkan sebagai tempat orangutan. Kawasan Konservasi satwa juga dilengkapi dengan Sekolah Hutan yang mneyediakan tempat bermain dan pengenalan kembali keterampilan yang diperlukan orangutan untuk hidup setelah dilepas liarkan ke habitat aslinya.


 hanya pulau yang satu ini yang dapat di kunjungi oleh manusia, dan gambar nya pun kita ambil dari kejauhan ...tapi lumayan jelas lah gambar nya...iyaa kan...iyaa dong.




ini untuk beruang madu yang ada disana




 BOS juga memiliki sebuah program eco wisata yang disebut SAMBOJA LODGE yang mengedepankan misi kelestarian lingkungan di dalamnya. Beberapa paket yang ditawarkan dalam program Samboja Lodge adalah mengikuti beberapa kegiatan harian Yayasan BOS dalam Program Rehabilitas Satwa (Orangutan dan Beruang Madu), kegiatan rehabilitasi lahan kritis, kegiatan kebun organik, kegiatan pembuatan pupuk organik (Kompos) dan pengamatan kehidupan liar yang ada di sekitar areal BOS – Samboja Lestari.



  yaaa jeprett duluu..bareng Gadis cina..hehe




Yayasan BOS telah menyelamatkan ratusan orangutan di Kalimantan Timur dan saat ini merawat lebih dari 200 orangutan di Samboja Lestari.


Translokasi Orangutan

Orangutan yang telah terusir dari habitat alami mereka akibat kegiatan pembangunan manusia menyebabkan hilangnya habitat mereka yang luas, sehingga mereka terpaksa menjelajah jauh untuk mencari makanan. Seringkali mereka masuk ke perkebunan kelapa sawit atau kebun warga karena mereka tidak memiliki alternatif lain. Bersama dengan BKSDA, merekaberhasil menyelamatkan orangutan dari situasi seperti ini. Jika mereka sehat, dapat segera dapat melepaskan mereka ke daerah-daerah yang merupakan habitat alami yang aman. Praktek ini umumnya dikenal sebagai translokasi. Dalam situasi di mana orangutan telah menderita cedera atau sakit, mereka menyediakan perawatan kesehatan yang didedikasikan untuk memastikan pemulihan mereka untuk translokasi di masa depan atau reintroduksi katanya.



 Perawatan Kesehatan dan Karantina

Setiap orangutan yang tiba di salah satu program reintroduksi  harus melalui prosedur karantina dan pemeriksaan kesehatan rutin (fisik dan psikologis). Hal ini sangat penting karena orangutan yang diselamatkan kemungkinan besar kata nya telah tertular penyakit manusia yang biasanya tidak ditemukan di alam liar.



 Ini mobil yang di sediakan untuk melewati jalanan yang sedikit bergelombang...harus di coba nie..poko nya sensasi nya dapett..deh naik..turun gitu..hahaha


 
Oiahh satu lagi nie yang hampir lupa...masalah akses, untuk sampai ke tempat pulau orang hutan saya dan tema-teman harus naik mobil ini nie...mobil yang sudah di sediakan oleh petugas sekitar,,,dan modil ini parkir nya tepat di depan pos pertama pintu masuk kita,jadi jangan khawatir ada petugas yang siap memandu dan mengantar kita.
Dan jalanan nya pun..bisa di bilang cukup menantang dengan tanjakan, turunan wah..wah  bisa di bilang My Trip Advanture....wow pokok nya sensasi nya lebih ke alam guys,,ini yang di namakan ekowisata sebenar nya... So buat kamu yang ngaku jiwa petualang wajib di coba nie...jangan kalah sama Lindu...okeeee.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar